WAKTU AKSES DISK

Waktu akses disk ialah ketika disk drive beroperasi, disk berputar dengan kecepatan tetap.
Untuk dapat membaca dan menulis, head harus berada pada awal sector dari track yang diinginkan. Pemilihan track meliputi
perpindahan head pada sistem movable head atau mekanisme elektronis pada head untuk sistem fixed head.


Karakteristik kinerja hard disk dibagi menjadi 3 bagian :


1. SEEK TIME
Seek time adalah dimana drive berputar dan mencari/mengukur waktu yang dibutuhkan unit head pada lengan aktuator untuk melakukan perjalanan ke trek dari disk dan kemudian data akan dibaca atau ditulis.
Data pada media disimpan di sektor-sektor yang diatur dalam trek melingkar paralel (konsentris atau spiral tergantung pada jenis perangkat) dan ada aktuator dengan lengan yang menunda head yang dapat mentransfer data dengan media itu.


2. ROTATIONAL LATENCY
Rotational latency (kadang-kadang disebut delay rotasi atau hanya latency) adalah perlambatan menunggu rotasi disk untuk membawa sektor disk yang dibutuhkan di bawahHEAD READ - WRITE. Hal ini tergantung pada kecepatan rotasi dari sebuah disk (atau motor spindle ), diukur dalam revolusi per menit (RPM) . untuk drive magnetik berbasis mediayang paling, rata-rata latency rotasi biasanya didasarkan pada hubungan empiris bahwarata-rata latency dalam milidetik untuk seperti drive adalah setengah periode rotasi. Rotasilatency maksimum adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan rotasi penuh tidak termasuk waktu spin-up (sebagai bagian yang relevan dari disk mungkin hanya melewatiHEAD ketika permintaan tiba). Oleh karena itu. Latency rotasi dapat mengakibatkan waktu akses dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kecepatan rotasi dari disk. ROTATIONAL LATENCY juga memiliki manfaat untuk meningkatkan throughput (dibahas nanti dalam artikel ini).

Untuk rincian lebih lanjut tentang tata letak lagu melihat penyimpanan Disk

Kecepatan motor spindle dapat menggunakan salah satu dari dua jenis metode rotasi disk:1) kecepatan linear konstan (CLV), digunakan terutama dalam penyimpanan optik,bervariasi kecepatan rotasi dari disk optik tergantung pada posisi kepala, dan 2) konstankecepatan sudut (CAV), yang digunakan dalam HDD, FDD standar, sistem cakram optikbeberapa, dan catatan vinil audio, media berputar pada satu kecepatan konstan terlepas dari mana kepala diposisikan.




3. ACCESS TIME


ACCESS TIME adalah ukuran waktu yang diperlukan sebelum drive benar-benar dapat mentransfer data. Faktor-faktor yang mengontrol waktu ini pada drive berputar sebagian besar terkait dengan sifat mekanik dari kepala berputar disk dan bergerak.


metode ini terdiri dari beberapa elemen dapat diukur secara independen yang ditambahkan bersama-sama untuk mendapatkan nilai tunggal ketika mengevaluasi kinerjaperangkat penyimpanan. Waktu akses dapat bervariasi secara signifikan, sehingga biasanya disediakan oleh produsen atau diukur dalam tolok ukur sebagai rata-rata .

1 Response